• +62813 1164 6660
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
Kepala SMA Islam Al-Azhar BSD  : Moh Mukrim, S. Pd
Wakasek Bidang Kesiswaan : Abdul Jawad HR, M.Pd
Wakasek Bidang Kurikulum : Suci Lestari, Pd
Pembina OSIS      : Zidni Ilman, S.Pd
Pembina PASKIBRA       : Zidni Ilman, S.Pd
Koordinator Partisipasi Lomba  : Mellina Kadarsari, M.Pd
Koordinator OSN : Muharyanto Pratama, S.Pd
Koordinator O2SN   : Sulia Yuliati, S.Sos
Koordinator FL2SN   : Amdai Yanti Siregar
Koordinator BK   : Muna Ekasari, S. PSi
    Fitria Nurjanah, S. PSi
Koordinator Piket : Nila Trisnawati, S.Pd
Koordinator Ekstrakurikuler : Caesario Toga Sakti Muda, S.Pd
Pelaksana Kegiatan Ikrar pagi   : Pembina OSIS
Pelaksana Kegiatan Upacara : Pembina Paskibra
Pelaksana Kegiatan Kedisiplinan dan Tatib : Tim Penegak Kedisiplinan
Pelaksana Kegiatan Sholat Duha dan Tadarus : Guru Agama
Pelaksana Kegiatan Pembinaan Keagamaan : Rizal, S.S.
Pelaksana Kegiatan Bilingual : Guru Bahasa Inggris

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Pembinaan kesiswaan merupakan suatu pengelolaan kegiatan secara sistematis dan terpadu yang mencakup keberadaan peserta didik sesuai nilai-nilai luhur Pancasila yang dilakukan oleh pemangku kepentingan pendidikan. Pembinaan kesiswaan di SMA Islam Al Azhar BSD mengacu kepada visi serta misi yang ingin dicapai, meliputi pembinaan moral, pengintegrasian nilai-nilai keislaman kedalam bidang-bidang studi yang diajarkan, menyelenggrakan Islamic culture serta menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan potensi siswa.

Adapun Materi Pembinaan Kesiswaan sebagaimana dinyatakan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, materi kegiatan kesiswaan meliputi :

  • Pembinaan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia;
  • Pembinaan Kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara;
  • Pembinaan prestasi akademik, seni, olahraga sesuai dengan minat dan bakat;
  • Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural;
  • Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan;
  • Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasi sumber gizi yang terdeversifikasi;
  • Pembinaan sastra dan budaya;
  • Pembinaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  • Pembinaan komunikasi yang efektif;

Pembinaan kesiswaan di SMA Islam Al Azhar BSD di rancang sedemikian rupa melalui kegiatan kegiatan yang di arahkan dapat menumbuh kembangkan bakat dan keterampilan. Selain itu juga fungsi bimbingan dan konseling menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan pembinaan. Diantara kegiatan kegiatan pembinaan kesiswaan adalah : 

1. Pembinaan jalur bimbingan dan konseling 

2. Pembinaan jalur keagamaan  (Kegiatan tadarus, kegiatan dhuha, sholat berjamaah, tahfidz, dan kajian dalam pembinaan klub studi islam (KSI) 

3. Penegakan tata tertib dan kedisiplinan.

4. Kegiatan Character building (meliputi kegiatan : bela negara, peringatan hari besar nasional, PASKIBRAKA, live in, ekstrakurikuler dll)

5. Peminatan dan studi PTN


Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

     Pandemi covid 19 telah menghambat kegiatan di semua instansi, termasuk sekolah. Sekolah terhambat kegiatannya mulai dari kegiatan akademik hingga kegiatan non akademik. Meskipun banyak sekolah yang mengalami kesulitan di tengah pandemik ini,  sekolah SMA Islam Al Azhar BSD tetap produktif dengan menjalankan setiap kegiatan. Salah satunya tetap melaksanakan rangkaian kegiatan perekrutan presiden OSIS. Rangkaian kegiatan ini dilakukan melalui aplikasi besutan tiongkok yaitu Zoom.

     Awal rangkaian kegiatan pemilihan Presiden OSIS dan Ketua MPK ini adalah penyaringan calon kandidat. Setelah melalui seleksi, terdapat tiga kandidat presiden osis yaitu Abel Asha Mahendra dengan nomor urut 1, Alyssa Azzahra Arifin nomor urut 2, dan Muhammad Bintang Mahardika nomor urut 3.

     Para kandidat melakukan debat terbuka pada rabu, 5 agustus 2020. Terdapat empat sesi dalam rangkaian kegiatan debat kali ini. Rangkaian yang pertama adalah penyampaian visi misi setiap calon presiden osis, yang kedua pertanyaan dari panelis, yang ketiga tanya jawab antar kandidat, dan yang keempat pertanyaan dari setiap audience. Debat ini dilakukan agar visi misi serta kualitas calon presiden OSIS SMA Islam Al Azhar BSD diketahui oleh para audiens yang nantinya menjadi pemilih dalam pesta demokrasi akbar siswa SMA Islam Al Azhar BSD. Selain itu, debat ini juga dilakukan guna mengetahui kompetensi dari masing-masing kandidat melalui jawaban yang disampaikan oleh setiap calon presiden OSIS.

 

     Debat calon presiden OSIS SMA Islam Al Azhar BSD 2020 dipimpin oleh Ibu Asmar Rizqa NV, S.Pd., S.Hum. selaku moderator debat yang super kece. Ibu Riz (nama panggilan beliau) dapat menghidupkan debat sehingga debat sangat interaktif. Selain itu, Ibu Riz dapat memimpin jalannya debat dari awal hingga akhir dengan lancar tanpa ada kendala.

 

     Selain itu, terdapat panelis yang kompeten pada bidangnya untuk memberikan pertanyaan kepada setiap calon presiden osis yakni Ibu Dra. Dwi Astuti, Bapak Muhammad Rizal, S.S, dan Drs. H. Chendra Kusuma. Para panelis mampu menggali setiap potensi yang dimiliki setiap calon dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan jika terpilih oleh setiap calon disampaikan pada panelis.

 

     Tak hanya guru-guru yang dilibatkan dalam kegiatan debat terbuka calon presiden OSIS SMA Islam Al-Azhar BSD. Siswa juga ambil bagian dalam kegiatan ini. Siswa diberikan space untuk bertanya pada setiap calon presiden OSIS. Hal ini bertujuan agar siswa menggali informasi dari setiap calon yang akan mereka pilih.

     Setelah debat terbuka calon presiden OSIS SMA Islam Al Azhar BSD selesai, selanjutnya adalah kegiatan pemungutan suara. Kegiatan pemungutan suara atau voting calon presiden OSIS dan ketua MPK SMA Islam Al Azhar juga dilakukan secara daring. Kegiatan pemungutan suara dapat dilihat di artikel selanjutnya.


© SMA ISLAM AL - AZHAR BSD