Now loading.
Please wait.

Menu

Home

Home
Home
Perjalanan Anak Klub Studi Islam (PENA KSI) 2022 :  
Dari Pesantren Yatim Almustaqim Bintaro menuju Masjid Istiqlal Jakarta

 

3
 
Perjalanan Anak Klub Studi Islam yang disingkat menjadi PENA KSI adalah salah satu program KSI sebagai rohisnya SMA Islam Al-Azhar BSD. PENA KSI 2022 ini mulai dilaksanakan lagi setelah 2 tahun pelajaran yang terhenti disebabkan karena pandemi covid- 19.
Dalam PENA kali ini diikuti oleh 40 siswa dan siswi anggota Klub Studi Islam dan 10 orang guru pendamping termasuk kepala SMA Islam Al-Azhar BSD, H.Moch Mukrim, S.Pd. Melalui tema “Memperkuat Keimanan dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Taqwa dengan Berbagi dan Peduli Sesama” anak-anak Klub Studi Islam dengan senangnya melakukan perjalanan dakwah dan ibadah ini menuju sebuah pesantren yatim dan dhu’afa di jl. Gapura Menteng Bintaro Pondok Aren kota Tangerang Selatan.
WhatsApp_Image_2022-08-02_at_11.51.24_AM_1.jpg
Kegiatan yang dilakukan anak-anak Klub Studi Islam di Pesantren tersebut meliputi
1. Pemberian Waqaf Al-Qur’an
2. Santunan 30 yatim dan dhu’afa
3. Pemberian bingkisan untuk yatim dan dhu’afa
4. Pemberian bantuan sembako

Untuk kegiatan waqaf Al-Qur’an dari target 30 eksemplar yang akan diwaqafkan alhamdulillah bisa terkumpul lebih dari 100. Hal ini  disebabkan besarnya minat para guru SMA Islam Al-Azhar BSD untuk ikut dalam kegiatan waqaf ini. Disamping para guru SMA juga berasal dari para siswa serta orangtua siswa yang ikut berpartisipasi. 
Sedangkan untuk kegiatan santunan serta bingkisan, hanya diberikan kepada 30 orang santri yatim dan dhu’afa dari total 75 santri yang ada dipesantren tersebut. Adapun pemberian sembako diberikan kepada pihak pesantren untuk kebutuhan makan para santri.
Disamping kegiatan-kegiatan diatas, anak-anak Klub Studi Islam mengadakan fun games kepada para santri yatim dan dhu’afa dengan memberikan pertanyaanpertanyaan seputar keagamaan dan sejarah serta kegiatan sambung ayat dimana anak-anak KSI meminta para santri melanjutkan ayat yang dibacanya. Setiap santri yang bisa menjawab dan benar dalam melanjutkan sambung ayat mereka mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Hal ini dilakukan dalam rangka mengakrabkan dengan para santri sekaligus juga berbagi kepada mereka.
Suasana yang terbangun pun sangat akrab antara para guru dan siswa dengan para santri dan pembinanya. Setelah acara selesai, anak-anak KSI dan guru pendamping melakukan ramah tamah dengan pihak pesantren. Panita PENA KSI memberikan sejumlah uang kepada pihak pesantren untuk dibelanjakan dan masak untuk kebutuhan makan siang Bersama antara siswa dan santri. 
Setelah kegiatan di pesantren selesai, perjalanan anak KSI berlanjut menuju masjid Istiqlal, destinasi kedua yang direncanakan oleh anak-anak KSI itu. Perjalanan ke masjid Istiqlal tiba pukul 11.50 dan dilanjutkan dengan shalat dzuhur berjamaah. Dalam suasana yang nyaman dan sejuk didalam masjid Istiqlal, seluruh peserta PENA KSI diajak oleh salah satu staff bagian humas masjid Istiqlal yaitu Ustadz Safarwadi, untuk melakukan audiensi. Kurang lebih 40 menit, peserta PENA KSI mendapatkan informasi terkait sejarah Istiqlal dan melakukan tanya jawab. 
Kegiatan setelah audiensi dengan staff humas masjid Istiqlal, dilanjutkan dengan menjelajahi atau eskplorasi bagian-bagian penting masjid dengan dipandu oleh salah seorang staff humas juga. Dimulai dari penyampaian informasi pembangunan masjid Istiqlal yang terintegrasi dengan tempat-tempat disekitarnya sampai penyampaian informasi hadiah bedug yang sangat besar dari mendiang Ibu Tien Suharto.
Eksplorasi masjid Istiqlal berhenti setelah penjelasan tentang spot-spot masjid yang pernah digunakan pada moment-moment tertentu di masjid itu. Kemudian seluruh peserta PENA KSI pun berkumpul mengambil photo bersama dan kemudian melakukan penutupan.
Dengan rasa syukur yang mendalam kehadirat Allah swt, alhamdulillah kegiatan PENA KSI berjalan sesuai rencana tidak ada hambatan apapun. Semua berbahagia bisa melaksanakan kegiatan yang seblumnya sempat terhenti. Ucapan terimaksih kepada pimpinan SMA Islam Al-Azhar BSD yang telah mengarahkan dan  mensupport kegiatan sehingga bisa berjalan dengan lancer. Ucapan terimakasih juga kepada BKOMS SMA Islam Al-Azhar BSD, para guru SMA, orangtua siswa yang juga selalu mensupport kegiatan PENA KSI ini. Semoga semua kontribusi yang telah diberikan dicatat menjadi amal ibadah untuk mereka semua. Aamiin ya Rabbal Alamin.