Now loading.
Please wait.

Menu

Home

Home
Home

Tahap Pemilihan ini adalah tahap penentuan siapa yang akan menjadi Presiden OSIS dan Ketua MPK SMA Islam Al-Azhar BSD Periode 2020-2021. Pemegang hak suara yang terdiri dari seluruh siswa dan siswi SMA Islam Al-Azhar BSD, akan memberikan hak suaranya untuk memilih satu Presiden OSIS dan satu Ketua MPK. Tentunya, para calon tersebut dipilih berdasarkan hasil penilaian para pemegang hak suara pada saat kampanye dan debat terbuka.


Pemilu OSIS dan MPK SMA Islam Al-Azhar BSD dilaksanakan pada hari Rabu, 9 September 2020. Dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia yang menyebabkan seluruh kegiatan tidak bisa dilaksanakan seperti biasa, akhirnya SMA Islam Al-Azhar BSD berinovasi membuat sebuah sistem pemilihan yang bisa dilaksanakan dimana saja tanpa perlu siswa-siswi SMA Islam Al-Azhar BSD datang ke sekolah. Sistem yang digunakan untuk Pemilu OSIS dan MPK tahun 2020 ini yaitu menggunakan sistem e-voting atau pemilihan yang dilakukan secara online melalui website https://evote.alazhar-bsd.sch.id/.

osis 1 min

 

 

 

Dikarenakan pemilu kali ini dilaksanakan secara online, artinya para pemilih tidak akan mendapatkan surat suara. Sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan surat pemberitahuan pemilihan yang didalamnya terdapat username dan password untuk bisa mengakses website pemilihan Presiden OSIS dan Ketua MPK seperti pada gambar dibawah ini.


Pada saat proses pemilu berlangsung, panitia akan masuk ke setiap kelas virtual untuk membimbing seluruh siswa-siswi SMA Islam Al-Azhar BSD dalam proses pemilihannya. Setiap kelas virtual mendapatkan estimasi waktu ± 15 menit untuk melaksanakan pemilihan tersebut. Panitia yang masuk ke dalam kelas virtual untuk membimbing proses pemilian akan menampilkan layar halaman e-voting agar para pemegang hak suara bisa melihat secara langsung jumlah suara yang sudah terkirim.

Dari jumlah total suara sebanyak 696 pemilih, Aisyah Nisrina sebagai calon Ketua MPK mendapatkan perolehan suara sebesar 59,97%  dan Fatecha Rizqi mendapatkan suara sebesar 40,03%. Sedangkan untuk Presiden OSIS, suara terbanyak diperoleh Alyssa Azzahra dengan total 64.52%, di peringkat kedua ada Abel Asha Mahendra dengan perolehan suara 18.05% dan Bintang Mahardika dengan peolehan suara sebesar 17.43%.

Dari hasil tersebut, maka dapat dipastikan bahwa Aisyah Nisrina dan Alyssa Azzahra resmi menjadi Ketua MPK dan Presiden OSIS SMA Islam Al-Azhar BSD Periode 2020-2021.