Berawal dari keinginan untuk mendirikan sebuah paket pendidikan yang berkelanjutan maka Sekolah Menengah Atas Islam Al Azhar Bumi Serpong Damai yang selanjutnya disingkat SMA Islam Al-Azhar BSD berdiri. Ini merupakan bagian dari sebuah paket pendidikan ( TK, SD, SMP dan SMA Islam Al Azhar BSD) yang bernaung dan diasuh oleh Yayasan Muslim Bumi Serpong Damai.

SMA Islam Al Azhar Bumi Serpong Damai didirikan oleh Yayasan Muslim Bumi Serpong Damai dengan Surat Keputusan, nomor : SK-05/YMBSD/VI/1996, tanggal : 01 Juli 1996; berlokasi di Puspita Loka Sektor 3.2 Bumi Serpong Damai, Kecamatan Serpong Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten. Menempati gedung milik Yayasan Muslim Bumi Serpong Damai. Izin Operasional SMA Islam Al-Azhar Bumi Serpong Damai ini diterbitkan melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudyaan Jawa Barat , Nomor : 34/102.1/Kep/OT/1998, 15 Januari 1998. Dengan dibukannya SMA Islam Al-Azhar BSD , maka Yayasan Muslim Bumi Serpong Damai genap menyelenggarakan paket pendidikan mulai dari pra sekolah, pendidikan dasar dan mendidikan menengah. Melalui perjalanan yang panjang. SMA Islam Al azhar Bumi Serpong Damai berupaya menunjukkan eksistensinya dalam dunia pendidikan. Dan berkat kegigihan dalam berjuang , nama SMA Islam Al Azhar BSD mulai banyak dikenal orang. Namun belum terbukti kiranya sebuah sekolah dianggap bagus apabila belum mendapat penilaian secara formal dari pemerintah. Karena itulah maka pada Tahun Pelajaran 2000/2001 SMA Islam Al Azhar BSD mencoba untuk mengajukan diri kepada pemerintah melalui Badan Akreditasi sekolah untuk diakreditasi, dan berubahlah status sekolah dari terdaftar menjadi ”DISAMAKAN” sesuai SK Kanwil Diknas Jawa Barat No. 27/102.7g/MN/2000 tanggal 26 Januari 2000.

Kiprah SMA Islam Al Azhar BSD dalam perkembangan pendidikan semakin menapak. Hal ini dibuktikan dengan prestasi-prestasi yang diraih baik secara akademik yang menunjukkan adanya peningkatan, maupun non akademik dalam bidang olahraga , seni , karya ilmiah remaja dan lain-lain. Tanpa menghilangkan ciri khasnya sebagai lembaga Pendidikan yang bernafaskan Islam, SMA Islam Al Azhar BSD berupaya untuk adaptif terhadap perkembangan pendidikan nasional termasuk penerapan kurikulum baru yang sering disebut dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (2004), dimana SMA Islam Al Azhar BSD ditunjuk oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan sebagai piloting pengembangan kurikulum berbasis kompetensi mewakili propinsi Banten, yang dituangkan dalam surat rekomendasi Kapala Dinas Pendidikan Propinsi Banten No. 420/179/Dindik/2002 tanggal 25 April 2003 dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang No.421.1/420.3/762/Dindik tanggal 8 Mei 2002 Dengan prinsip ”One Step Ahead” SMA Islam Al Azhar BSD, selalu melakukan pembenahan-pembenahan baik dari management, sarana prasarana maupun dalam keorganisasian . Semua itu adalah upaya peningkatkan mutu pendidikan.

Perkembangan sejarah SMA Islam Al Azhar BSD semakin memberi warna tersendiri dalam dunia pendidikan di Kabupaten Tangeang khususnya dan propinsi Banten pada umumnya. Keberadaannya semakin diperhitungkan dalam jajaran Pendidikan menengah. Kematangan SMA Islam Al Azhar BSD semakin terbukti dengan terakreditasinya lembaga ini oleh Badan Akreditasi Sekolah Propinsi Banten, berdasarkan Surat keputusan No.02/BAS/MN/IV 2005 dengan hasil ” TERAKREDITASI A”, dalam akreditasi tahap kedua tanggal 18 April 2005. Pada tahun pelajaran 2005/2006 Struktur organisasi dan pengembangan akademik kembali dibenahi guna menjawab tantangan global yang dihadapi dunia pendidikan. Harapan masyarakat akan pendidikan yang berciri khas islam yang dikelola secara profesional berupaya diwujudkan melalui SMA Islam Al Azhar BSD, agar apa yang menjadi harapan bangsa akan dunia pendidikan yang bermutu terwujud dengan segera. SMA Islam Al Azhar Bumi serpong Damai adalah jawaban akan keinginan masyarakat dalam dunia pendidikan.

Sampai saat ini SMA Islam Al-Azhar BSD termasuk catatan sebagai sekolah Rintisan Kurikulum 2013 (K-13). Serta mengimplementasikan SKS (Satuan Kredit Semester) yang dimulai pada awal pelajaran baru 2016/ 2017 dengan rincian 6 kelas menerapkan 6 SKS, serta 1 Kelas untuk kelas 4 SKS.

 

Asmaul Husna